Komisi III: Polri Institusi Paling Responsif Tindak Lanjuti Aduan Masyarakat

28 December 2024 - 11:00 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokman, menyebut bahwa Polri menjadi institusi paling responsif menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang disampaikan Komisi III. Total 469 aduan masyarakat yang masuk ke Komisi III DPR selama tahun 2024 ini.

"Polri adalah mitra Komisi III yang paling responsif menindaklanjuti temuan aduan dari masyarakat yang disampaikan ke Komisi III. Tingkatnya hampir 94 persen, hampir 100 persen. Kenapa? Karena setiap kita tindaklanjuti aduan tersebut, langsung direspon," jelasnya dalam jumpa persnya di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/12/24).

Ia mencontohkan salah satu aduan masyarakat di suatu daerah kepada Komisi III DPR yang kemudian disampaikan kepada Polri.

"Kapolresnya langsung telepon, langsung memberikan data-data terkait. Langsung saat itu kita komunikasikan, kita kawal terus bagaimana penanganannya," ujarnya.

Menurutnya, mitra kerja kedua yang dinilai paling responsif adalah Kejaksaan Republik Indonesia, dengan tingkat responsifnya adalah 89%. Kemudian, Komisi Yudisial 85%; PPATK kurang lebih sama; Mahkamah Konstitusi 78%; begitu juga KPK, BNN, dan MA.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment