Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu'ti menyampaikan pemerintah terus berupaya membangun pendidikan yang inklusif bagi seluruh anak Indonesia, di antaranya dengan mengajak pemangku kepentingan di bidang pendidikan berkolaborasi.
"Pemerintah terus berupaya untuk mengajak semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, termasuk kepala sekolah, guru, pengurus yayasan, tenaga kependidikan, siswa, orang tua, masyarakat, dan pembina pendidikan secara bersama-sama mengembangkan lingkungan pendidikan yang inklusif bagi semua anak tanpa terkecuali," terang Mendikdasmen, Selasa (3/12/24).
Diketahui, pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk belajar bersama, tanpa memandang perbedaan, latar belakang, kemampuan, dan kebutuhan belajar.
Sebelumnya, Mendikdasmen juga telah mengimbau segenap bangsa Indonesia agar membangun lingkungan yang inklusif, mulai di ruang-ruang pendidikan hingga lingkungan bermasyarakat.
"Pada puncak perayaan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2024, saya mengimbau kita semua untuk bersama-sama membawa semangat inklusivitas, mulai dari ruang pendidikan hingga ke dalam lingkungan bermasyarakat," ujar Mendikdasmen.
Menurut Mendikdasmen, saat ini pembangunan lingkungan yang inklusif, terutama di ruang pendidikan masih dihadapkan pada sejumlah tantangan. Di antaranya adalah terkait dengan implementasi kebijakan inklusif di lingkungan sekolah, baik di tingkat nasional maupun daerah.
"Masih terdapat beberapa tantangan dalam implementasi pendidikan yang inklusif di masa mendatang yang harus kita selesaikan bersama, mulai dari tantangan implementasi kebijakan inklusif di lingkungan sekolah sampai kepada dukungan dan regulasi pendidikan inklusif di tingkat daerah," ujar Mendikdasmen.
Dalam kesempatan yang sama, Mu'ti juga mengingatkan bahwa semangat inklusivitas yang dihadirkan oleh seluruh pihak di tanah air ini harus mampu memberikan ruang bagi setiap individu untuk bersinar tanpa batas.
(ndt/hn/nm)